728x90 AdSpace

Latest News

ciri IC Charger Laptop Rusak

Salah satu ciri laptop rusak IC chargernya adalah tidak munculnya tegangan dengan level tertentu tentu saja di bagian motherboard.


IC charger bekerja sebagai controller proses charging pada sebuah laptop. Maka ini juga bekerja sebagai pe-ngontrol Vin ( atau kodenya berbeda pada type laptop tertentu ), yaitu Tegangan yang siap didistribusikan ke seluruh zona di motherboard. Ketika baterai dipasang maka arus yang masuk dari unit charger bekerja sebagai pengiis baterai namun jika laptop tidak menggunakan baterai maka laptop tetap bisa bekerja karena tegangan dan arus dari charger masuk ke Vin dan sudah diolah sedemikian rupa sehingga siap didistribusikan ke seluruh area di motherboard, IC charger juga berperan dalam hal ini, maka jika IC ini bermasalah kontan saja laptop tidak bisa bekerja walaupun charger dimasukkan.
Kembali ke bahasan utama yaitu salah satu ciri-ciri sebuah laptop rusak ic chargernya adalah tidak munculnya tegangan 5V dan 3V atau 5.5V dan 3.3V. Dan laptop tidak bisa dinyalakan walaupun hanya indikatornya, laptop mati total.

Tidak munculnya tegangan tersebut tidak selalu bisa dijadikan patokan bahwa IC charger rusak, namun jika ic charger rusak maka tegangan ini pasti tidak mau muncul. Sehingga ini bisa kita jadikan acuan untuk menentukan kondisi ic charger pada sebuah laptop yang rusak mati total tidak mau charging sama sekali.

( jiwacomp.com )

Dunia Servis

dunia servis is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design. She studied Cognitive Science and Computational Logic and has a weakness for the smell of freshly ground peppercorns.

Website: Duniaservis.com

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

10 komentar:

  1. Permisi mau bertanya.
    Saya punya laptop Asus A46CB WX023D.
    Masalahnya ketika di charger setelah 10menitan tiba" kecerahan layar redup terang redup terang dqn indikator charger nyala mati nyala mati terus. Kira" titik permasalahannya dimana ya ? Charger/Baterai/Komponen" IC nya ? Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Saya punya masalah yg sama
    Dan indikator baterai 0%

    ReplyDelete
  3. Mksh infonya,
    Ijin tanya Min utk IC charger yg rusak kok mati total, bukan hanya tdk bisa ngechas batre saja.?
    Laptop msh bisa hidup pake adaptor tanpa batre. Mhn pencerahan

    ReplyDelete
  4. Min saya baru beli laptop bekas tapi batrainya ga kedetec (dimonitornya tanda x)dan pas saya beliin batrai baru nyala cuman ga mau ngisi kalo dicarger alahasil sekarang batrainya mati total.tapi laptop nyala kok kalo pake carger ga ada masalah cuman batrainya aja ga ngisi.
    apa itu termasuk rusak ic carger min? Plis jawab min thanks

    ReplyDelete
  5. Saya punya laptop Acer tidak bisa di charge bahkan saat di cabut baterai juga tidak bisa menyala kali par charger aja. Kira2 masalah nya apa y min ?

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. https://bangamingadget.com/jasa-service-professional/

    ReplyDelete
  8. Wah terima kasih atas informasi website sehingga kami memahami mengenai ic charger

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir sebagai info untuk beberapa informasi tentang permasalahan ic charger laptop
    https://bangamingadget.com/ic-charger-laptop/

    terima kasih

    ReplyDelete

Item Reviewed: ciri IC Charger Laptop Rusak Description: Rating: 5 Reviewed By: dunia servis
Scroll to Top