728x90 AdSpace

Latest News

Laptop Tidak Bisa Charging

Laptop yang akan kita perbaiki kali ini adalah laptop yang hidup normal namun tidak bisa charging. Indikasinya adalah ( Dalam artikel ini kita ambil contoh Asus A43E ): 1. Bisa hidup normal menggunakan charger, 2. Tidak bisa dihidupkan tanpa charger 3. Saat masuk windows ( dalam contoh ini Windows 8 ) indikator charging normal namun tetap dalam level 0% 4. Baterai normal, bisa di test di laptop lain Laptop asus tidak bisa charging Peralatan yang diperlukan pada langkah service ini adalah : Solder, solder uap atau blower, timah, cairan flux, multitester atau avometer dan peralatan pendukung lainnya. Problem ini disebabkan oleh IC charger yang tiak normal, untuk memastikannya kita perlu ikuti langkah-langkah berikut : 1. Bongkar Laptop kamu dan ambil mainboardnya
2. Ambil tombol power ( power button ) untuk memudahkan pengetes-an, kemudian pasang charger, hati-hati agar menaruh mainboard pada tempat yang aman untuk menghindari konslet yang mengakibatkan kerusakan yang lebih buruk. 3. Setelah Charger dipasang, laptop jangan dinyalakan, dan ukur tegangan pada titik positif soket battery ( + ), pada out ic power charger atau mosfet (V.bat), dan pada kaki nomor 17 pada ic charger serta kaki nomor 2. Masing-masing titik tersebut pada kondisi normal harus menunjuk angka kira-kira 19 V.


Pada gambar diatas ditunjukkan IC charger dengan seri 21740 ( Asus A43E ).
4. Kesimpulannya adalah jika pada titik-titik tersebut tidak ada tegangan, namun pada kaki nomor 2 IC charger ada tegangan kurang lebih 19V, maka IC charger minta ganti, silahkan beli yang baru atau ambil dari laptop lain sebagai penggantinya. Peralatan yang kita butuhkan untuk proses service laptop ini adalah Solder uap atau blower, solder biasa, cairan flux, pengangkat ic atau chipset, multitester dan ebberapa perangkat pendukung lainnya seperti timah dll.
(http://www.jiwacomp.com/)

Dunia Servis

dunia servis is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design. She studied Cognitive Science and Computational Logic and has a weakness for the smell of freshly ground peppercorns.

Website: Duniaservis.com

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

6 komentar:

  1. maaf pa. untuk membeli IC charger baru, biasanya beli toko apa ya pa?
    terimakasih Sebelumnya

    ReplyDelete
  2. Mas saya punya laptop asus x441n kendalanya pd saat saya pake mlm baik2 aja, setelah saya matikan besoknya saya coba laptop tidak nyala dan colok carger tidak masuk jd intinya tidak ada tanda2 kehidupan walau di charger.. Kira2 itu penyebabnya apa ya.. Mohon bantuannya.. Kata tukang servis harga alatnya 800an saya kaget, krena dia gk berani bongkar alasan masih garansi, tp gransi saya hilang, jd dia cma menduga2 harga alat yg rusak.

    ReplyDelete
  3. Mau tanya gan.
    Apakah laptop tanpa ada komponen ic charger apa masih bisa dinyalakan?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Wah terima kasih atas informasi website sehingga kami memahami mengenai ic charger

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir sebagai info untuk beberapa informasi tentang permasalahan ic charger laptop
    https://bangamingadget.com/ic-charger-laptop/

    terima kasih

    ReplyDelete

Item Reviewed: Laptop Tidak Bisa Charging Description: Rating: 5 Reviewed By: dunia servis
Scroll to Top